Bavaria Berencana Beli Vaksin Sputnik V

NEGARA Bagian Jerman Bavaria telah mencapai introduksi sepakat untuk mendatangkan vaksin covid-19 buatan Rusia, Sputnik V, saat vaksin tersebut mendapatkan persetujuan dari regulator Eropa.

Negara bagian pada selatan Jerman itu telah menandatangani kesepakatan untuk mengambil 2, 5 juta jumlah vaksin Sputnik V jika vaksin itu mendapatkan pengesahan dari Badan Obat Eropa (EMA).

Selain mengimpor vaksin itu, Bavaria juga bakal mendirikan sebuah fasilitas penerapan yang akan dikelola oleh perusahaan farmasi R-Pharm pada Kota Illertissen.

Menangkap juga: Turki Laporkan Kasus Harian Covid-19 Tertinggi Sejak Pandemi

“Pengalaman menunjukkan bahwa sangat istimewa untuk menciptakan kemampuan men sendiri vaksin covid-19, ” ujar Menteri Kesehatan Bavaria Klaus Holetschek.

Holetschek membicarakan vaksin Sputnik V jadi vaksin yang sangat efektif dan merasa adalah kesimpulan yang tepat untuk mengamankan pasokan vaksin asal Rusia itu.

Pemerintah Jerman, bulan lalu, menegaskan mereka jadi menggunakan vaksin covid-19 Sputnik V jika EMA menyingkirkan izin.

“Persetujuan dari EMA akan memberi kesempatan buat menggunakan vaksin itu dalam kampanye vaksinasi di Eropa sehingga Jerman akan memikirkan untuk menggunakannya, ” ujar juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel, Steffen Seibert.

EMA, saat ini, pusat melakukan evaluasi terhadap vaksin Sputnik V yang hendak membuat vaksin covid-19 itu akan menjadi vaksin dengan bukan buatan negara Barat yang digunakan di Asosiasi Eropa.

Rusia mendaftarkan vaksin covid-19 Sputnik V pada Agustus tahun lalu, sebelum menggelar uji klinis, yang memancing kritik para ahli.

Namun, sejumlah penelitian selanjutnya menunjukkan hasil positif, dengan jurnal ilmiah The Lancet menyebut vaksin Sputnik V aman dan memiliki efektivitas 90%. (AFP/OL-1)

Related Post