Hamilton Belum Terbendung di Imola

Hamilton Belum Terbendung di Imola

PEMBALAP Mercedes Lewis Hamilton sukses mengklaim kemenangan kesembilannya sejak 13 seri balapan Formula satu musim 2020. Torehan ini berhasil membuat Mercedes meraih rekor kejuaraan konstruktor ketujuh secara berturut-turut.

“Ini balapan yang melelahkan, dengan kecepatan dengan kami miliki, ini sangat istimewa. Tidak ada tim yang pernah melakukan ini, kami pemimpin dengan hebat, ” sebut Hamilton seusai balapan.

“Tidak bisa dipercaya, kembali dari tahun ke tahun. Tidak bujang berhasil di setiap akhir pekan, ” imbuhnya.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Sirkuit Imola, Italia, Valtteri Bottas dari Mercedes mengawali balapan dengan baik melesat untuk menyimpan posisi terdepan.

Hamilton yang start pada posisi kedua harus mengakui kekuatan Max Verstappen dari Red Bull Racing pada awal balapan dimulai yang menyalip untuk menduduki letak kedua.

Memasuki lap ke-19 Verstappen meresap ke pit untuk mengganti ban dan kembali ke trek dengan berada di urutan ketiga, dibelakang Bottas dan Hamilton. Satu lap berikutnya Bottas ikut masuk ke pit untuk mengganti ban namun kembali ke lintasan dengan memasukkan posisi kedua.

Hamilton kini menempati status terdepan, dan belum melakukan pancaroba ban. Pembalap asal Britania Umum itu terus melaju kencang menganjurkan jarak lebih dari 30 denyut dengan Bottas yang berada di belakangnya.

Unggul lebih dari 30 detik atas Bottas, Hamilton akhirnya masuk ke pit pada lap ke-31. Ia sukses kembali ke lintasan dengan tetap mempertahankan posisi di urutan pertama dengan jarak cuma 4 detik dari Bottas dengan membuntuti di belakang.

Hamilton terus mencari jalan melebarkan jarak waktu, untuk menjadi yang tercepat. Memasuki lap ke-38 ia berhasil melebarkan jarak secara Bottas menjadi 8 detik.

Sukses menyalip Bottas yang berada di letak kedua pada lap ke-43, Verstappen harus menelan pil pahit era memasuki lap ke-51 dimana pembalap Belgia itu mengalami spin, membuahkan ban kanan mobilnya pecah & ia tak dapat melanjutkan balapan.

Akibat insiden itu, Safety Car hadir ke dalam lintasan, Bottas pula kembali mengisi posisi kedua dalam belakang Hamilton, dengan pembalap Renault Daniel Ricciardo membuntut di kondisi ketiga.

Upaya Bottas untuk merebut situasi Hamilton nampak tak berhasil, Hamilton tak terhentikan. Memasuki lap belakang ia terus meninggalkan Bottas secara jarak waktu 5 detik dan sukses mencapai garis finis diurutan pertama.

Berhasil finis di urutan mula-mula, Hamilton sukses mengamankan kemenangan ke-93 sepanjang karirnya, Bottas harus pada di posisi kedua dengan jarak waktu 5, 783 detik serta Ricciardo menyusul di posisi ketiga dengan jarak 14, 320 detik dari Hamilton.

Pembalap berusia 35 tarikh itu pun kini semakin berpengaruh memimpin di klasemen sementara bentrok 85 poin dari Bottas yang menempati posisi kedua. (Crash/OL-8)

Related Post