Kabar Sahih Tuntaskan 85% Persoalan Pandemi

Kabar Sahih Tuntaskan 85% Persoalan Pandemi

DONI Monardo balik ke barak. Kemarin, lewat webinar, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 itu menyapa Perwira Siswa Pendidikan
Reguler ke-47 Sekolah Staf dan Komando TNI di Bandung.
 

Jenderal bintang tiga yang selalu Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana itu kembali mengingatkan anak-anak marga untuk tidak lengah di era pandemi. “Penyampaian informasi kepada umum soal covid19 harus lebih ditingkatkan. Itu cara terbaik mencegah bertambahnya kasus penjangkitan. ”

Sampai saat tersebut, lanjut dia, belum diketahui pandemi covid-19 akan berakhir kapan. Bila tidak diiringi dengan penanganan dengan serius, bukan tidak mungkin angka yang terpapar dan korban spirit akan terus bertambah.

Dia menegaskan Nusantara tidak boleh lengah. “Kita lihat setiap hari angka kasusnya menyusun, terutama di Amerika dan Eropa. ”

Sejumlah langkah harus dilakukan. Lupa satunya dengan penyebaran informasi secara masif kepada masyarakat terkait dengan cara mencegah penularan virus.  

Jalan ini diperlukan agar terjadi perubahan perilaku pada masyarakat sehingga bisa terbebas dari penularan virus korona. “Kita harus informasikan kepada kelompok tentang pentingnya menjaga jarak, menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta menghindari kerumunan, ” tegasnya.

Doni mengundang warga yang sudah memiliki bahan dan pengetahuan juga menyebarkannya ke warga lain. “Cara seperti tersebut akan berkontribusi maksimal terhadap pencegahan penyebaran korona. Itu sudah bermanfaat 85% mengatasi persoalan. ”

Atas seruan sang senior, Komandan Sesko TNI Marsdya Dedy Permadi memastikan para-para pasis akan memberikan kontribusi demi penanganan  masalah bangsa ini. “Pandemi sudah termasuk ancaman nasional. Bisa mengancam stabilitas nasional jika tidak diantisipasi dengan cepat dan sempurna. ”

Protokol kesehatan, terutama 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), sudah menjadi keharusan dalam semua lini kehidupan. Di Bangka Belitung, Badan Penanggulangan Bencana  Wilayah juga menerapkannya dalam upaya penanganan bencana.

“Tim dan warga yang terdampak bencana harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Jangan sampai bencana alam memunculkan bencana kesehatan, ” introduksi Ketua BPBD Mikron Antariksa.

Secara tetap penerapan3M juga dilakukan di dasar pelayanan Polres Sikka, Nusa Tenggara Timur, dan Polsek Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (BY/RF/GL/SS/HS/N-3)

Related Post