Olahraga

olahraga-1

OLAHRAGA esport pada dasarnya merupakan suatu olahraga yang tidak membedakan gender. Meski umumnya kebanyakan gamers merupakan laki-laki namun dengan kemundulan games mobile di smartphone meningkatkan pertumbuhan gamers perempuan.

Senior Vice President UniPin Community Indonesia Debora Imanuella menilai saat ini menjelma momentum bagi gamers perempuan untuk dapat mengembangkan kemampuannya. Ia pun menyebut sebab laporan Newzoo persentase penggemar game perempuan mencapai nilai 46%. Penonton esports perempuan juga tercatat telah mencapai 30% dan diprediksi akan bertumbuh setiap tahunnya.

“Ini angka yang besar, baik  itu dari segi brand hingga jumlah itu betul besar. Dari sisi gelora permainan, perempuan mengambil porsi hampir 50% dan itu sangat besar sekali, ” ujar Deboda dalam konferensi pers peluncuran Turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) khusus perempuan, Ladies Series MLBB 2021 secara virtual, Kamis (6/5).

Ini menandakan esports semakin diminati sebab perempuan dan kebutuhan bakal wadah pengembangan industri esports bagi mereka semakin besar pula. Karena itu pihaknya ingin membawa segmen hawa untuk digarap serius mematok dibawa ke segmen Asia Tenggara.

“Melihat respon dengan sangat positif tersebut, awak percaya ekosistem esports hawa akan menjadi semakin kaya. Antusiasme dari para penggemar serta player secara tepat kepada inisiatif ini ialah bukti turnamen perempuan menetapkan mendapatkan perlakuan yang khusyuk seperti turnamen-turnamen lainnya. Makin Ladies Series MLBB juga dapat menjadi batu prinsip para player ke kompetisi yang lebih besar ataupun mixed tournament di kala mendatang, ” jelas Debora.

Baca juga:   Laga All Star Gim Mobile Legends Bang Kanda Siap Digelar

Event ini, menurut Debora, bukan yang pertama diadakan buat segmen wanita. UniPin Community (UNITY) telah berinisiatif untuk memperluas partisipasi perempuan di dalam esports melalui wadah persaingan yang diatur secara terlatih dan lebih kompetitif.

Dimulai sejak awal tahun 2021, UNITY sendiri telah menggagas beberapa turnamen khusus rani. Mulai dari UniPin Ladies Championship (ULC) pada Februari dan yang terakhir merupakan PUBG Mobile Cyber Arena (PMCA) di bulan Mei.

Dalam kesempatan yang serupa Ashadi Ang sebagai Head of PR & Communication PB ESI, menyebutkan, kehadiran Ladies Series MLBB 2021 sebagai perwujudan komitmen dalam mendorong ekosistem esports Nusantara yang lebih aktif dan atraktif.

“Turnamen profesional merupakan sinyal ekosistem esports Nusantara sangat terbuka dan membantu pertumbuhan gamer perempuan. Tak hanya sebagai partisipan ataupun fan. Melainkan mendorong itu untuk aktif sebagai pelaku kompetisi, pemain serta atlet yang dapat menjadi bibit-bibit talenta esports masa depan, ” ujar Ashadi.

Head of PR Esports Moonton Indonesia Azwin Nugraha mau terus mendukung dengan selalu menjalin kerja sama secara pihak pihak yang menunjang para gamers wanita dalam indonesia, khususnya di Mobile Legend Bang Bang.

“Kami berkomitmen akan terus menunjang pertumbuhan ladies scene dalam Indonesia dengan berbagai cara, salah satunya adalah menyelenggarakan kampanye-kampanye bersama penyelenggara, di dalam hal ini pihak ke-3 dan turut menggaungkan sayembara yang diselenggarakan., ” kata Azwin.

Ladies Series MLBB 2021 akan diselenggarakan secara sistem open qualifier dengan total prizepool 100 juta rupiah. Pendaftaran dibuka berangkat tanggal 7 – 18 Mei 2021. Babak kondisi akan terbuka bagi pemeran profesional maupun amatir dalam 20 – 22 Mei 2021. Selanjutnya diikuti dengan babak regular season yang berjalan selama 3 minggu mulai 27 Mei datang 13 Juni 2021. Kedua babak tersebut akan diselenggarakan secara daring. Sementara, babak playoff pada 25-27 Juni 2021 akan diadakan dengan offline. (OL-5)

Related Post