Pelindo 1 Terapkan Sistem Pengelolaan SDM secara Digital

Pelindo 1 Terapkan Sistem Pengelolaan SDM secara Digital

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), ataupun Pelindo 1, mulai menerapkan secara penuh sistem digital pengelolaan SDM pada tahun ini sebagai arah dari upaya menjadikan perusahaannya berkinerja tinggi dan memiliki pegawai yang bahagia. Di antara sistem digital yang diterapkan adalah SAP HCM dan Employee Portal untuk memeroses administrasi SDM di perusahaan.

“Proses tata laksana yang dilayani kedua sistem itu antara lain manajemen kinerja, payroll, perjalanan dinas, pengajuan cuti, training, penerbitan keputusan direksi dan surat penugasan, ” ungkap Direktur SDM dan Umum Pelindo 1 Henry Naldi, Jumat (6/11).

Dengan penerapan penerapan tersebut proses administrasi SDM dilakukan secara terpusat oleh Shared Serviced Unit Pelindo 1 sehingga lebih tepat waktu, terukur efektif dan efisiensi. Selain itu, Pelindo 1 juga telah membangun Aplikasi Maya Corporate University bernama Portrait (Port Training in IT Touch).

Ini ialah aplikasi learning management system dengan memungkinkan seluruh pegawai pelindo 1 dapat belajar kapan saja & di mana saja. Mereka selalu dapat bertanya seputar kompetensi teknis pada fitur Tanya Ahli secara menggunakan laptop atau smartphone.

Digitalisasi SDM di Pelindo 1 terus berlanjut dengan pembangunan aplikasi Integrated Career and Talent Management System (ICTMS) bernama Metamorph. Aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi SDM lain yang telah diterapkan.

Melalui aplikasi ini suksesor jabatan akan terlihat dan segenap pegawai dapat menyalurkan aspirasi karir serta mengetahui level kompetensinya. Secara Aplikasi ini juga pegawai sanggup mengikuti event talent untuk cara seleksi serta pemetaan talenta secara digital.

“Ini untuk meningkatkan trust, transparansi dan objektivitas dalam pengelolaan karir dan manajemen talenta di perusahaan, ” kata Henry.

Selain digitalisasi administrasi SDM, Pelindo 1 juga telah menerapkan digitaliasi surat menyurat dengan sejumlah aplikasi. Salah satunya ialah aplikasi Manajemen Surat Elektronik (MSE) untuk keamanan dokumen dan kelancaran surat menyurat. Kemudian digitaliasi arsip perusahaan dengan Aplikasi Manajemen Salinan Elektronik (MAE), serta aplikasi Document Management System (DMS).

Lebih jauh Henry menjabarkan, Pelindo 1 juga melakukan beberapa program pengembangan SDM dengan dilakukan. Antara lain program Talent Management, yaitu program untuk mempersiapkan suksesor yang akan mengisi bagian strategis (Key Strategic Position). Yakni dengan melakukan seleksi terbuka kepada seluruh pegawai. Pegawai yang lucut seleksi sebagai talenta akan mendapatkan program pengembangan baik melalui pelatihan, mentoring atau penugasan. (R-1)

Related Post