Polda Jatim Perketat Pengamanan Gereja

polda-jatim-perketat-pengamanan-gereja-1

KEPOLISIAN Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memperketat penjagaan  sejumlah gereja di Jawa Timur, khususnya di Geruh dan Surabaya, Hal itu dilakukan pascaserangan bom pati padam diri di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3).

“Kapolda Jatim dengan menginstruksikan itu. Berkaca dibanding pengalaman bom  di Surabaya 2018 lalu, semua gereja harus dilakukan penjagaan ketat, ” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko di Surabaya, Senin (29/3).

Dua kota yang menjadi perhatian untuk dilakukan penjagaan ketat, yaitu Surabaya dan Malang. “Tapi, kota lain juga lestari menjadi perhatian, ” katanya.

Gatot memperkirakan, masing-masing gereja yang perlu penjagaan basi setidaknya akan dijaga masing-masing oleh 10 polisi. Pengamanan  ini dilakukan secara terbuka maupun tertutup.

“Semua penjagaan instansi Polri yang tersedia di Jawa Timur diperketat. Kapolda minta seluruh anggota tetap waspada. Titik rawannya sama, baik di Surabaya maupun Malang, ” ujarnya.

Pada 2018, tiga gereja di Surabaya sempat menjadi sasaran serangan bom yakni Gereja Santa Maria Tidak Bercela, Ngagel, Gereja Kristen  Indonesia (GKI), Diponegoro, serta Pantekosta, Arjuno. Tiga gereja itu, kata Gatot, termasuk dalam prioritas pengamanan sesuai  dengan instruksi Kapolda. (OL-15)

Related Post