Presiden Malawi Pecat Menteri Arah Kasus Penggelapan Dana Covid-19

presiden-malawi-pecat-menteri-atas-kasus-penggelapan-dana-covid-19-1

PRESIDEN Malawi Lazarus Chakwera memecat Menteri Tenaga Kerja Ken Kandodo karena mengalihkan dana covid-19 senilai US$800, Minggu (28/4). Dana itu digunakan untuk membayar perjalanan pemerintah, bagian dari skandal penggelapan yang lebih luas.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Chakwera mengatakan menteri itu disebutkan dalam laporan audit karena telah mencantumkan dana tersebut dalam tunjangannya untuk perjalanan ke Afrika Selatan.

“Karena itu, ya telah mengeluarkan dia dari kabinet saya. Meskipun menteri tersebut telah mengembalikan duit itu, penggunaan dana tersebut berarti uang itu tidak tersedia untuk tujuan yg dimaksudkan ketika itu sangat dibutuhkan, ” kata Chakwera.

Baca juga:   Tolak Lockdown, Warga Malawi: Kita Bisa Mati Andai di Rumah

Chakwera juga memerintahkan penangkapan sejumlah pegawai negeri yang terlibat dalam penjarahan US$7, almost eight juta dana covid-19.

“Saat saya berbicara, lebih dari selusin orang yang dicurigai melakukan kejahatan yang diungkapkan oleh laporan audit ini baru saja ditangkap oleh Dinas Kepolisian Malawi, inch tuturnya.

Malawi, salah satu negara termiskin di dunia, telah mencatat 34. 1000 kasus covid-19, dengan one. 138 kematian, termasuk dua menteri kabinet. Rumah sakit umum yang kekurangan sumber daya kewalahan menghadapi puncak pandemi. (AFP/OL-5)

Related Post