Pribadi Diprediksi Hidup Bersama Covid-19 seperti Virus Lain

Pribadi Diprediksi Hidup Bersama Covid-19 seperti Virus Lain

EPIDEMIOLOG Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia Pandu Riono menyebut lama laun covid-19 akan menjadi virus-virus pada umumnya yang tetap tersedia. Akhirnya, manusia harus berdampingan dengan covid-19.

Hal itu sama seperti penyakit-penyakit yang dahulu juga pernah menjadi wabah sebelum vaksin dilakukan bagaikan campak dan polio.

“Sebetulnya yang perlu kita lakukan yaitu melakukan pengoperasian. Virus ini akan sama secara virus lain berdampingan dengan kita. Sesekali mungkin ada outbreak, ” kata Pandu dalam suatu webinar , Jumat (23/10).

Untuk itu, hal yang perlu dikerjakan ialah upaya pengendalian. Bila negeri pusat dan daerah bahu-membahu untuk serius melakukan upaya tersebut, covid-19 akan tertanggulangi.

Hal itu sudah dibuktikan Tiongkok yang bisa menanggulangi covid-19 sehingga masyarakat kembali kepada kehidupan semula bahkan sebelum vaksin ditemukan. “Misal Tiongkok. Mereka berhasil minus vaksin karena berhasil melakukan pengendalian, ” ujarnya.

Pengendalian, menurutnya, bisa dilakukan melalui penguatan 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) serta penguatan pada penelusuran kontak atau surveilans. Ia pun menyoroti banyak provinsi yang tingkat tes usap dan penelusuran kontaknya masih di bawah standar WHO.

Padahal kapasitas tes dan tracing yang kuat juga menjadi salah satu solusi pengendalian covid-19. “Tiongkok itu sangat kuat di fasilitas pelacakan dan isolasinya juga masyarakatnya disiplin, ” pungkasnya. (OL-14)

Related Post