Segenap Daerah Peserta Pilkada Malut Menyalahi Protokol Kesehatan

Segenap Daerah Peserta Pilkada Malut Menyalahi Protokol Kesehatan

LEMBAGA Pengawas Pemilihan Umun (Bawaslu), Provinsi Maluku Utara mengakui selama zaman kampanye Pilkada serentak calon bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota di delapan Kabupaten Tanah air, di wilayah Provinsi Maluku Melahirkan menemukan banyak pelanggaran berupa kelompok massa atau pelanggaran protokol kesehatan tubuh.
 
Ketua Bawaslu Maluku Utara, Muksin Amrin mengatakan pelanggaran protokol kesehatan covid-19 berlaku di seluruh daerah pelaksana pilkada. Dari hasil temuan itu, Bawaslu Maluku Utara telah memberikan sanksi bagi pelanggar baik sanksi tertulis maupun sanksi teguran.

“Kewenangan Bawaslu cuma memberikan sanksi tertulis dan nasihat dan sudah kami lakukan. Jika tidak mengindahkan kami teruskan ke pihak kepolisian untuk diproses dan itu juga sudah kami lakukan, ” kata Muksin, Senin (7/12).

baca juga:   Satgas Covid-19 Palangka Raya Bubarkan Pesta Tabrak Prokes

Sementara itu Polda Maluku akan menidak paslon maupun kelompok yang terbukti melanggar protokol kesehatan tubuh. Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Adip Rojikan mengatakan masa ini Polres Kabupaten Kepulauan Sula masih melakukan penyidikan kasus pelanggaran protokol kesehatan pada acara ibadah Natal dengan menghadirkan artis dangdut di Desa Minton, Kecamatan Taliabu Utara, Jumat (4/12).

“Saat ini Polres Kepulauan Sula sedang melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap pihak penyelenggara dan penanggung jawab kegiatan, ” kata Adip Rojikan.

Pihaknya mengimbau pada seluruh masyarakat Maluku Utara, agar selalu menerapkan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 dan dalam setiap tahapan Pilkada Tahun 2020.

“Polri akan menindak dengan tegas semasa ada masyarakat yang tetap mengenai protokol kesehatan dengan membuat kegiatan yang mengakibatkan kerumunan massa, ” tambahnya. (OL-3)

Related Post