Setelah Disorot KPK, Penyerahan PSU di Medan Mulai Mengalir

Setelah Disorot KPK, Penyerahan PSU di Medan Mulai Mengalir

PENYERAHAN Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) Perumahan oleh para pengembang terus bertambah setelah masalah sistematisasi aset negara di Kota Medan, Sumatera Utara menjadi sorotan Premi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa masa terakhir.

Pemerintah Kota Medan mencatat, pra 2020 baru empat PSU Perumahan yang diserahkan pengembang  kepada pemkot. “Tahun ini 2020 ini tersedia dua lagi yang diserahkan, yakni PSU Perumahan Bumi Seroja Permai I dan PSU Griya Martubung II, ” ungkap Penjabat Sementara Wali Kota Medan Arief Sudarto, Jumat (16/10).

Bahkan dalam satu hingga dua bulan ini Pemkot Medan akan menerima tiga PSU lagi dari pengembang perumahan.

Semakin banyaknya penyerahan PSU ini menurutnya tidak terlepas dari keterlibatan KPK yang telah mendorong percepatan penyerahan PSU daripada pengembang kepada Pemkot Medan jadi kemudian dapat didata dan menjadi aset daerah.

Dia berharap para pengembang lain juga melakukan penyerahan tersebut karena bila tidak, dan berlaku pengalihan fungsi, maka akan mudarat warga yang berada di perumahan tersebut. Bila sudah diserahkan, oleh karena itu pemkot lah yang akan bertanggung jawab untuk memelihara dan memperbaikinya jika terjadi kerusakan, karena telah menjadi aset daerah.

Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Korupsi KPK Wilayah I di dalam beberapa waktu terakhir gencar menekankan kepada berbagai pihak terkait mengenai adanya sanksi jika penyerahan PSU tidak dijalankan. Mulai dari denda sampai kurungan badan.

“PSU perumahan ialah aset negara yang harus diselamatkan agar tidak terjadi kerugian negara, ” tegas Maruli Tua, Kasatgas Korsupgah Korupsi KPK Wilayah I.

Maruli mengingatkan pemerintah daerah dan pengembang menjalankan ketentuan ini dengan benar-benar, transparan dan penuh rasa tanggung jawab.

Selain itu, dia juga mendorong asosiasi agar berani bersuara jika terjadi alih fungsi terhadap PSU perumahan. Dia memastikan KPK akan meninjau untuk memastikan penyerahan PSU berjalan dengan lancar. (R-1)

Related Post